jenis jenis kain umum di pasaran - konveksi bandung

jenis jenis kain umum di pasaran


Jenis kain yang harus kamu ketahui beredar di pasaran:

Pilih kain dahulu, Beli kain kemudian..
Jika kita ingin membeli bahan kain sendiri untuk dijadikan pakaian maka yang harus diperhatikan adalah memilih bahan yang cocok untuk model dan jenis pakaian yang akan dibuat agar pakaian yang digunakan nyaman digunakan. Berikut ipaparkan beberapa jenis kain yang umum di pasaran:

1. KAIN KATUN
Kain ini sudah sanget sering kita dengar bahkan dalam kehidupan sehari-hari kita termasuk pengguna kain katun karena memiliki testur yang lembut, nyaman digunakan dan tahan lama. Dipasaran tersebar banyak jenis kain katun, meskipun namanya sama namun ketika dirasakan terdapat perbedaan pada kain katun ini, ada 8 jenis kain katun yang ada di pasaran (cek 8 Jenis kain katun). Kain katun berasal dari serat kapas yang berasal dari serat alami, tak mengandung bahan kimia yang memiliki sifat Hypo allergeniie. Kelebihan lain dari Kain Katun yaitu seratnya berongga seperti ventilasi sehingga kulit bisa bernafas. Katun sangat cocok digunakan di suatu negara yag memiliki iklim tropis seperti Indonesia, karena Katun mempunyai daya serap air atau Keringat yang sangat baik. Kekurangan dari bahan ini cepat melar ketika sering dicuci.


2. POLYESTER
Plyester atau biasa disebut PE merupakan jenis kain yng kebilaknnya dari katun karena karakteristik kain ini panas dan tidak menyerap keringat. Kain Polyester terbuat dari serat sintetis perpaduan dengan bijih plasik. Bahan kerap dicampur dengan Cotton yang bernama TC atau Teteron Cotton. Kualitasnya dibawah Cotton karena sifat dasar Polyester yang panas dan tidak menyerap keringat. Namum bahan ini memiliki kelebihan tahan kusut dan tidak melar meskipun sering di cuci berkali – kali.

3. LINEN
Kain atau bahan Linen hampir sama seperti Cotton, namun keungulannya memiliki serat yang lebih kuat namun memiliki sifat lembut, dingin, dan mudh meyerap keingat. Karena sifat kain ini maka jenis kain linen sangat cocok untuk digunakan sebagai Casual Wear ataupun gaun. Bahan ini terbilang sulit dalam perawatan karena harus ekstra perhatian, bahannya yang mudah kusut membuat kita harus memperhatikan cara mencuci yang dianjurkan. (Cek tips perawatan linen)

4. WOOL
Wool merupakan serat yang diambil dari bulu domba dan hewan tertentu lainnya, sifat dari bulu domba ini sangat unik sehingga cocok digunakan untuk bahan produksi tekstil. Wol sendiri bisa digunakan  berbagai tekstil dan bisa digunakan pada tenun maupun rajut. Sedangkan kain wool adalah kain yang terbuat dari wool yang sudah diolah secara khusus dan dalam pembuatan ke proses kain bisa dengan metode penenunan maupun perajutan.
Keunggulan dan kelebihan antara lain sebagai berikut:
  • Wool memiliki sifat tahan terhadap api
  • Wool sangat awet atau tahan lama
  • Wool mampu meregangkan hingga 50% ketika basah dan 30% saat kering
  • Wool memiliki sifat wicking kelembaban yang sangat baik
  • Tebal dan menyerap air



Dibalik kelebihannya ini ada beberapa kekurangan kain wool, yaitu:
Karena bahannya tebal dan mudah menyerap air sehingga kain wool sulit dibersihkan dari noda yang menempel
Kain wool akan menyusut bila pencucian tidak benar (Lihat cara perawatan kain wool)
Bahannya yang tebal dan berat ketika digunakan membuat mayoritas masyarakat lebih memilih menggunakan Lightweight Wool. Karena lebih ringan dan cukup awet tanpa mengurangi kesan mewahnya.

5. SUTRA
Kain ini sering juga disebut silk. Kain ini terbuat dari kepompong ulat sutra. Sutra adalah jenis kain yang menyerap air namun sangat mudah sobek. Penggunaan dan perawatan pada jenis kain seperti ini harus sangat hati hati. Sutra berkembang menjadi beberapa jenis diantaranya Chiffon, Crepe de Chine, Duchesse Satin, Dupion, Georgette, Habutai, Matika, Organza, Taffeta dan masih banyak lagi. (cek beberapa jenis kain sutra)

6. DENIM
Kain atau bahan ini pertamakali diperkanalkan hanya memiliki satu warna yaitu indigo. Seiring perkembangan zaman, dibuatlah denim dengan berbagai macam warna. Nama denim sendiri di yakini berasal dari Prancis dengan nama Serge de Nimes. Denim terbuat dari katun twill, teksturnya seperti karpet namun lebih halus dan lebih tipis. Bahan ini adalah salah satu bahan yang sangat popular dikalangan masyarakat.

7. LEATHER & SUEDE
Bahan atau kain jenis ini sama sama terbuat dari kulit, namun Leather terbuat dari bahan kulit bagian luar sedangkan suede terbuat dari dari bahan kulit bagian dalam. Ada beberapa hewan yang kulitnya biasa digunakan dalam industry fashion diantaranyan kambing, domba, sapi, buaya, ular dan sebagainya. Saat ini bahan kulit ada juga yang terbuat dari bahan sintetis, biasanya kulit dengan bahan sintetis ini halus, tidak memiliki kerutan dan tidak berbau bahkan wangi. Kulit asli umumnya lebih berat dari pada kulit sintetis.

 8. SPANDEX
Spandek biasanya disebut juga Lycra. Bahan ini terbuat dari campuran bahan kimia elastomer. Umumnya kain ini bersifat lentur dan memiliki tingkat elastisitas yang sangat tinggi. Biasanya bahan ini digunakan untuk membuat pakaian olahraga. Pemakaian lycra biasanya dicampur dengan bahan lain seperti Polyester.

9. DRILL
Kain drill merupakan kain yang dipintal dalam tekstur diagonal dengan jalinan benang yang kuat. Kain drill terbuat dari bahan katun dan polyester. Kain drill memiliki 3 jenis serat yaitu Twist Drill atau kain berserat kecil, American Drill atau kain berserat sedang dan Japan Drill kain berserat besar.



10. LACOSTE
Lacoste atau Pique merukan kain yang memiliki pori-pori. Kain ini biasanya terbuat dari katun atau polyester atau gabungan dari keduanya. Nama lacoste sendiri diambil dari nama nama produsen pembuat pakaian seperti polo dan lacoste. Yang membedakan adalah pique polo memiliki pori-pori yang lebih kecil sedangkan pique lacoste lebih besar.

11. CANVAS
Kanvas adalah kain yang bertekstur tebal dan kasar. Karena tebal, kain ini mampu melindungi penggunanya dari goresan batu ataupun benda lainnya. Ketebalan ini pulalah yang membuat kanvas memiliki bobot yang tidak ringan.



Itulah beberapa jenis kain atau bahan yang biasa kita temukan dipasaran. Jadi sudah menemukan bahan kain apa yang cocok untuk pakaianmu?
Sumber:
plazakain.com
www.kaosyes.com
bahankain.com

 baca juga :








Tidak ada komentar:

Posting Komentar